-->

Mengidamkan Kehamilan? Inilah Cara Mempermudah Mendapatkan Kehamilan yang Patut Dicoba

Mengidamkan Kehamilan? Inilah Cara Mempermudah Mendapatkan Kehamilan yang Patut Dicoba


Wawasan Kehamilan - Kehamilan adalah suatu proses melanjutkan keturunan dengan adanya janin dari hasil konsepsi antara sperma laki – laki dan perempuan yang terjadi didalam utreus atau kandungan seorang wanita sehingga proses kehamilan benar-benar terjadi dalam rahim seorang ibu
Pada dasarnya semua orang menginginkan keturunan yang berkualitas. Tetapi tidak semua pasangan suami istri segera mendapatkan keturunan sesuai waktu yang diiinginkannya. Bahkan tekadang suami istri sampai mengalami keputusasaan karena waktu yang terlalu lama untuk mendapatkan keturunan.


Agar pasangan suami istri mendapatkan keturunan secara cepat sesuai dengan keinginnannya, ada hal – hal yang perlu diperhatikan, antara lain :

Masa Subur

Masa subur adalah masa dimana kondisi ovum (sel telur) seorang wanita dalam kondisi tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua untuk dibuahi sehingga ketika sel sperma menembus ovum dapat terjadi konsepsi. Masa subur dapat diketahui setelah menstruasi, yaitu pada 12 - 17 hari dihitung dari menstruasi hari pertama. Maksudnya adalah semisal seorang wanita menstruasi pada tanggal 2, maka dapat diketahui masa suburnya jatuh pada 12 - 17 hari dari menstruasi hari pertama, yaitu jatuh pada tanggal 13 sampai dengan tanggal 19.  Untuk itulah seoarng wanita harus memperhatikan tanggal mulainya menstruasi untuk mengetahui apakah kandungan dalam kondisi subur atau belum. 

Selain itu biasanya dalam kondisi subur, vagina wanita akan mengalami keputihan yang normal. keputihannya biasanya sedikit encer dan bening. Hal ini untuk mempermudah agar sel sperma dapat dengan mudahnya menuju ke sel telur.

Makanan

Seorang pasangan suami istri harus memperhatikan semua jenis makanan yang dikonsumsi agar mendapatkan sperma dan sel telur yang dalam kondisi sehat. Makanan yang dikonsumsi sebaiknya mengandung banyak vitamin – vitamin, mineral dan serat. Vitamin – vitamin yang sangat penting dibutuhkan untuk menunjang kesuburan suatu kandungan untuk mempermudah proses terjadinya kehamilan. Dari segi makanan yang perlu diperhatikan adalah :

•    Perbanyak konsumsi Vitamin E

Vitamin E merupakan suatu vitamin yang berguna untuk menyuburkan kandungan dan menjaga kesehatan kulit. Vitamin E ini dapat dieroleh dari berbagai macam kacang – kacangan dan berbagai macam kecambah. Selain itu vitamin E juga dapat diperoleh dalam bentuk suplemen.

•    Kurangi konsumsi karbohidrat yang berlebihan

Tubuh memerlukan karbohidrat untuk tumbuh kembang serta untuk menjaga kesehatan dan sebagai tenaga untuk melakukan aktifitas. Tetapi perlu untuk diketahui bahawa konsumsi karbohidrat akan menimbulkan obesitas atau kegemukan dalam tubuh yag juga dapat menghambat terjadinya kehamilan. Kenapa demikian, karena jika terjadi obesitas maka akan terjadi penumpukan lemak yang berlebihan. Lemak yang berlebihan dapat menekan organ reproduksi seorang wanita sehingga ketika sperma akan membuahi ovum, sperma akan mengalami kesulitan untuk mencapai ke ovum karena terhalang oleh lemak.
Untuk itu, sebaiknya para wanita mengkonsumsi karbohidrat yang cukup dan perbanyak makan sayur – sayur dan buah – buahan.

•    Hindari konsumsi makanan instan

Tanpa disadari, kita pasti mengkonsumsi makanan instan bahkan sering. Tapi perlu diketahui makanan instan tersebut dapat berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh apalagi bagi kesehatan organ reproduksi. Untuk itu sebaiknya hindari kosumsi makanan – makanan yang instan karena adanya bahan pengawet dalam makanan tersebut.

Pola Hidup

Pola hidup juga sangat berpengaruh terhadap terjadinya suatu kehamilan. Kenapa bisa terjadi demikian, karena ketika suatu pasangan suami istri berperilaku hidup yang tidak sehat, maka tidak sehatlah pula organ reproduksi pasangan suami istri tersebut. Pola hidup yang tidak sehat adalah ketika pasangan suami istri tersebut mengkonsumsi alkohol, rokok dan narkoba atau obat – obatan yang membahayakan.

Sel sperma yang terdapat pada seorang laki – laki yang mengkonsumsi alkohol, rokok dan obat – obatan akan tampak tidak sehat yaitu sel sperma itu akan mati sebelum sel sperma tersebut menembus ovum. Masa hidup dari sel sperma itu cenderung tidak lama bertahan dalam organ reproduksi wanita. Selain itu, kemampuan sel sperma untuk bergerak juga sangatlah lamban.

Sedangkan wanita yang mengkonsumsi alkohol, rokok dan obat – obatan ketika mereka mengalami kehamilan, maka diprediksikan mereka akan mengalami abortus atau keguguran. Hal ini terjadi karea kandungan seorang wanita tidak dapat bertahan terlalu lama karena adanya pengaruh dari alkohol, rokok dan obatan.

Untuk itu, bagi para pasutri sebaiknya menghindari hal – hal tersebut yang dapat merugikan kesehatan tubuh dan mulailah dengan pola hidup sehat dan berolah raga secara teratur agar peredarahan darah lancar sehingga oksigen dalam tubuh dapat tercukupi.

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.