-->

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Test Pack (tes kehamilan)

kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan test pack

Wawasan Kehamilan -  Tanda-tanda kehamilan yang ditunjukkan oleh tubuh sebenarnya tidak cukup dijadikan dasar bahwa bunda telah resmi hamil. Dibutuhkan sebuah alat kesehatan untuk mengetahui secara pasti apakah bunda benar-benar hamil ataukah itu gejala kehamilan yang semu saja.

Mungkin bunda merasa ribet bila harus melakukan pengecekan kehamilan melalui serangkaian test kehamilan, maka menggunakan alat test pack adalah salah satu cara mudah dan praktis untuk mengetahui apakah bunda benar-benar hamil atau tidak.


Saat ini sudah banyak sekali ragam jenis alat uji kehamilan. Mendapatkan test pack juga sangat mudah sekali, di toko, di apotik juga tersedia alat-alat tersebut. Meskipun menggunakan alat ini terbilang mudah, terkadang ada sebagian wanita yang keliru membaca hasil yang ditunjukkan oleh alat ini.

Baca juga: Tanda dan Gejala Awal Kehamilan

Nah, untuk membantu anda agar lebih baik dalam menggunakan tes pack untuk uji kehamilan. Maka mari kita ketahui terlebih dahulu apa saja kesalahan yang umumnya sering dilakukan saat menggunakan test pack.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Test Pack

Keakuratan tes uji kehamilan test pack diklaim memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Hanya saja, akurasi hasil tes ini akan dapat dihasilkan dengan baik ketika si penguji mampu melakukan tes sesuai dengan prosedur yang sudah tertera pada kemasan uji kehamilan.

Kekeliruan atau kesalahan hasil yang ditujukan umumnya lebih sering diakibatkan karena kesalahan sewaktu melakukan tes uji kehamilan. Lantas apa saja kesalahan yang mungkin terjadi tersebut? Mari kita simak beberapa informasinya dibawah ini.

Terlalu Cepat Melakukan Tes
Pada umumnya kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan test pack yaitu terburu-buru menggunakannya. Test pack memang alat untuk mengecek kehamilan yang sangat mudah sekali digunakan. Meski begitu, menggunakan alat ini tidak boleh sembarangan dan asal tes saja.

Test pack akan menunjukkan positif hamil apabila hormon hCG pada urin wanita sudah mencapai titik tertentu. Namun yang menjadi masalah adalah, tidak semua wanita memiliki hormon hCG yang sama jumlah dalam urin mereka. Jadi, untuk mengetahui apakah bunda telah hamil ataukah belum dengan menggunakan alat test pack ini, tunggulah sampai waktu yang tepat.

Baca juga: Tanda pasti kehamilan

Adapun tenggang waktu pemeriksaan kehamilan ini dapat anda simak pada petunjuk yang tertera pada kemasan tes. Untuk itu, maka perhatikan kembali untuk menyimak dengan baik langkah-langkah pada kemasan.

Terlalu Cepat Membaca Hasil Tes
Tidak sedikit wanita yang karena penasaran akan terburu menyimpulkan hasil tes pada test pack kehamilan. Perlu anda ketahui bahwasanya pada saat urin sedang berjalan dalam test pack maka jendela indikator mungkin menunjukan dua garis atau garis positif. Terburu menyimpulkan seringkali membuat anda mengalami kecewa yang dalam. Jadi demikian, tunggulah selama beberapa saat minimal 3 sampai dengan 5 menit.

Menunggu Terlalu Lama Hasil Tes
Biasanya hasil kehamilan akan diketahui setelah 3 sampai 5 menit. Setelah waktu lewat, tes akan tetap bekerja dan mungkin akan dapat mengubah hasil yang sebenarnya. Jadi demikian, pembacaan hasil tes kehamilan sebaiknya diambil setelah waktu yang ditentukan. Yakni tidak terlalu cepat dan tidak pula terlalu lama.

Demikianlah beberapa kesalahan yang umumnya sering dilakukan pada saat menggunakan test pack. Setelah mengetahui kesalahan diatas diharapkan anda bisa lebih paham dan menghindari beberapa kesalahan yang mungkin dilakukan seperti diatas.

Baca juga: Bahaya kekurangan air ketuban saat hamil

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.