-->

Kaki Bengkak Saat Hamil? Begini Solusinya

Kaki bengkak saat hamil adalah suatu kejadian yang umum terjadi. Banyak ibu hamil yang juga mengalami kaki bengkak saat hamil terutama pada usia kehamilan yang sudah memasuki 24 minggu ke atas.

Dalam istilah medis, pembengkakan pada saat hamil disebut dengan edema. Bagian yang paling sering mengalami pembengkakan ketika hamil yaitu pada bagian tungkai dan juga mata kaki.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Banyak ibu hamil yang merasa heran, panik dan mungkin juga khawatir ketika kaki tiba-tiba membesar seperti bengkak. Tidak usah khawatir mengenai hal itu. Sebaiknya kenali dulu apa yang menyebabkan kaki bengkak saat hamil. Dengan begitu Anda bisa menjadi lebih tenang sehingga kondisi kehamilan Anda juga akan terjada.

Pada dasarnya, pembengkakan pada kaki ibu hamil disebabkan karena pembuluh darah kecil mengeluarkan cairan ke jaringan sekitarnya. Karena kondisi ini berlangsung lama, cairan yang dikeluarkan oleh pembuluh darah kecil akan memenuhi jaringan-jaringan tubuh disekitarnya. Sehingga efeknya yang terjadi adalah pembengkakan pada daerah tersebut.

Selain itu, pembengkakan pada kaki saat hamil mungkin juga dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini!
  • Kaki terlalu mendapat tekanan
  • Adanya gangguan pada dinding pembuluh darah sehingga tidak mampu mempertahankan keseimbangan dan menyebabkan kehilangan cairan.
  • Gaya yang terjadi di luar pembuluh darah menyebabkan cairan tertarik keluar

Ketiga faktor di atas juga dapat dikaitkan dengan beberapa keluhan kesehatan ibu hamil selama kehamilan. Beberapa keluhan tersebut diantaranya yaitu:

1. Kehamilan 
Selama kehamilan, cairan tubuh ibu hamil juga semakin meningkat. Kelebihan cairan di dalam tubuh inilah yang diindikasikan sebagai penyebab kaki bengkak saat hamil (endema).

2. Terdapat gangguan pada fungsi hati dan ginjal
Seperti yang kita ketahui bahwa hati dan ginjal memiliki fungsi penting dalam menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Sehingga tidak heran bila kedua organ ini mengalami gangguan pada saat hamil, kemungkinan ibu hamil mengalami endema menjadi sangat besar.

3. Gagal Jantung
Ibu hamil dengan kondisi gagal jantung juga sangat mungkin mengalami endema. Karena jika jantung lemah dan tidak dapat memompa darah secara efisien, darah akan menggenang di bagian tubuh tertentu, yang akan menyebabkan cairan bocor dari pembuluh darah ke jaringan sekitarnya.

Tips Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Agar pengobatan edema (kaki bengkak saat hamil) lebih tepat sasaran, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan pembengkakan pada kaki Anda. Apakah karena konsumsi obat, ataukah karena adanya gangguan pada pembuluh darah kecil.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Bunda terapkan untuk mengurangi pembengkakan pada kaki pada saat hamil
  • Kurangi waktu berdiri Anda. Usahakan jangan terlalu sering atau terlalu lama berdiri.
  • Ganjal kaki atau tinggikan kaki pada saat tidur
  • Lakukan olahraga dengan cukup dan benar (usahakan lakukan gerakan olahraga yang memang baik untuk ibu hamil)
  • Gunakan alas kaki yang memang nyaman dan jangan terlalu ketat
  • Hindari penggunaan kaos kaki yang terlalu ketat
  • Penuhi makanan bergizi seperti bayam, kentang, alpukat, pisang, ikan salmon dan beberapa jenis makanan lainnya yang mengandung potasium
  • Konsumsilah makanan yang tidak mengandung banyak garam.
Itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk meredakan kaki bengkak saat hamil



No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.