-->

Waspada! Makan Junk Food Saat Hamil Bisa Berdampak Buruk Pada Kehamilan

Wawasan Kehamilan - Seiring bertambahnya usia kehamilan, melakukan banyak aktivitas memang akan terasa melelahkan. Seperti memasak, bagi sebagian ibu hamil pekerjaan ini terasa melelahkan. Sehingga tidak heran bila lantas memilih mengkonsumsi makanan-makanan siap saji karena praktis dan cepat yang terpenting mungkin karena rasanya yang memang lebih enak ketimbang masakan sendiri.

Alasan lain mengapa beberapa ibu hamil lebih memilih makanan siap saji ketimbang memasak sendiri karena adanya perubahan hormon di dalam dirinya yang dapat merubah indera perasa mereka. Sehingga ketika mencium aroma wangi dan lezat mereka akan tergoda. Apakah hal semacam ini bisa dikatakan ngidam? mungkin saja ^_^

Tapi pernahkah kalian bertanya-tanya apakah makanan siap saji sudah memenuhi kebutuhan gizi bayi yang ada di dalam kandungan?


Bahaya Junk Food

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan resiko bila terlalu sering mengkonsumsi junk food saat hamil.

1. Meningkatnya resiko obesitas 
Beberapa bahan dasar dari olahan-olahan junk food yang tidak kita ketahui dapat meningkatkan resiko obesitas bagi konsumennya. Kemungkinan bayi mengalami obesitas bila disusui oleh ibu yang sering mengkonsumsi junk food juga akan semakin meningkat.

2. Bahaya penyakit jantung
Meningkatnya resiko penyakit jantung bagi bayi dan ibu hamil.  

3. Alergi
Resiko alergi juga semakin meningkat, karena kemungkinan beberapa bahan dasar olahan yang memang tidak ditoleransi oleh pencernaan.

Selain itu, dari hasil penelitian, ibu hamil yang gemar mengkonsumsi gula baik dalam bentuk olahan ataupun tidak beresiko memiliki anak yang mengalami alergi.

4. Kebutuhan nutrisi selama kehamilan tidak tercukupi
Sudah barang tentu nutrisi tidak akan tercukupi bila hanya mengkonsumsi junk food. Karena memang junk food tidak didesain untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Beberapa kebutuhan nutrisi janin sangat jarang terdapat di dalam junk food. 

Jadi lebih baik mulai dari sekarang berhati-hatilah bila mengkonsumsi junk food. Rasanya memang enak dan lezat tapi apakah gizinya sudah mencukupi?. Pintar-pintarlah ketika memilih makanan ketika hamil.

 

Daftar Junk Food

Berikut ini adalah daftar junk food yang dapat berdampak buruk bagi janin maupun bagi kesehatan.

1. Makanan kalengan
Semakin maju teknologi, semakin banyak pula berbagai macam bentuk dan jenis olahan makanan. Hampir semua jenis makanan saat ini bisa dikalengkan, seperti sayur, buah, dan lain sebagainya.

Pada saat proses pengalengan, sudah barang tentu buah dan sayur itu mendapatkan zat tambahan seperti pemanis buatan, dan bahan pengawet lainnya. 

Dan yang lebih penting adalah kandungan nutrisi makanan kaleng akan cenderung berkurang bila dibandingkan dengan sayur dan buah yang kita makan dan masak secara mendadak. Memasak sayur tentunya harus dengan teknik yang benar agar nutrisi yang terkandung di dalam sayuran juga tidak hilang karena salah dalam mengolah.

2. Gorengan
Selain mengandung banyak lemak, keseringan makan gorengan beresiko meningkatkan jumlah oksidan dalam tubuh yang berpotensi menyebabkan kanker.

Perlu diketahui, di jalan sana, banyak terdapat penjual nakal yang menggunakan minyak lebih dari 2x penggorengan. Mereka menggunakan minyak yang berulang-ulang sampai warna minyak menjadi hitam. Itulah yang dapat membahayakan kesehatan Anda. 

Jadi lebih baik menggoreng sendiri di rumah.

3. Asinan
Penambahan garam yang melebihi batas kewajaran inilah yang menjadi indikasi bahwa asinan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. 

Seperti yang kita ketahui bahwa ketika konsumsi garam yang berlebih akan berdampak buruk bagi kesehatan ginjal.

Baca juga: Cara Lengkap Menjaga Kehamian Usia Muda

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.