-->

MENGENAL APA ITU ANATOMI GENETALIA INTERNA

MENGENAL APA ITU ANATOMI GENETALIA INTERNA



Wawasan Kehamilan - Alat genetalia interna adalah alat genetalia yang berada didalam yang tidak tampak dari luar dan jika melihatnya kita membutuhkan bantuan suatu alat. Alat genetalia interna merupakan alat – alat yang berpengruh besar untuk proses terjadinya kehamilan.
Adapun bagian – bagian dari alat genetalia interna itu antara lain :

Vagina (liang kemaluan)

Vagina merupakan alat penghubung antara introitus vagina dengan uterus. Arah dari vagina ini sejajar dengan pinggir atas simfisis ke promotorium. Bagian dalam vagina yang berlipat – lipat disebut rugae, dan di tenganya ada bagian yang keras yang disebut kokumna rugarum. Lipatan – lipatan vagina ini akan melebar saat terjadinya persalinan dan akan melunak elastis.

 Epitel vagina terdiri dari epitel gepengyang tidak bertandu dan pada bagian bawah terdapat jaringan ikat yang mengandung banyak pembuluh darah. Pada saat terjadinya kehamilan akan terjadi hipervaskularisasi pada lapisan jaringan tersebut, sehingga dinding – dinding vagina akan tampak kebiru – biruan yang disebut dengan livide.

Dibawah jaringan ikat terdapat otot-otot dengan susunan yang sesuai dengan susunan oto uterus. Dan dibagian dalamnya terdiri atas muskulus sirkularis dan bagian luarnya atas muskulus longitudinalis. Disebelah luar terdapat fasia (jaringan ikat) yang akan berkurang elastisitasnya pada wanita yang lanjut usia.

Uterus

Uterus merupakan tempat nidasi hasil pembuahan dan tempat dari janin berkembang. Pada dasarnya uterus berbentuk seperti buah advokat atau buah peer yang sedikit gepeng kearah muka belakang. Ukuran dari uterus ini sebesar telur ayam yang mempunyai rongga.

Dinding dari uterus ini terdiri dari otot polos. Ukuran panjang uterus 7 sampai 7,5 cm, lebar 5,25 cm dan mempunyai tebal 2,5 cm dan tebal dinding 1,25 cm. Uterus normal terletak di anteversiofleksio yaitu pada servik ke depan dan membentuk sudut dengan vagina, demikian pula korpus uteri kedpan dan membetuk sudut dengan serviks uteri.

Uterus terdiri dari fundus uteri, korpus uteri dan servik uteri. Fundus uteri adalah bagian uterus proksimal, disitu kedua tuba fallopii masuk ke uterus. Korpus uteri adalah bagian uterus yang terbesar, pada kehamilan korpus uteri ini mempunyai fungsi utama yaitu tempat berkembangya janin. Rongga pada korpus uteri disebut kavum uteri (rongga rahim). Sedangkan serviks uteri terdiri dari pars vaginalis servisis uteri yang biasa disebut porsio, pars supravaginalis servisis uteri yaitu bagian serviks yang berada di atas vagina.

Uterus ini sebenarnya terapung-apung dalam rongga pelvis dengan jaringan ikat dan ligamenta yang menyokongnya sehingga dapat terfiksasi dengan baik. Adapaun ligamentum yang memfiksasi uterus antara lain :

  • Ligamentum kardinale sinistrum et dekstrum (mackenrodt) yaitu ligamentum terpenting yang dapat mencegah agar uterus tidak turun. Ligamentum ini terdiri dari jaringan ikat yang tebal, dan berjalan dari servik dan puncak vagina kearah lateral dinding pelvis.
  • Ligamentum sakro-uterinum et dekstrum yaitu ligamentum yang menahan uterus agar tidak banyak bergerak. Ligamentum ini pada servik bagian belakang, kiri dan kanan ke arah os sakrum kiri dan kanan.
  • Ligamentum rotundum sinistrum et dekstrum yaitu ligamentum yang menahan uterus dalam antefleksi dan berjalan dari sudut fundus uteri kiri dan kanan ke uterus dalam antefleksi dan berjalan dari sudut fundus uteri ke daerah inguinal kiri dan kanan. Pada saat kehamilan kadang – kadang terasa sakit saat berdiri cepat karena uterus mengalami kontraksi kuat.
  • Ligamentum latum sinistrum et dekstrum yaitu ligamentum yang meliputi tuba, berjalan dari uterus kearah sisi.
  • Ligamentum infundibulo – pelvikulum yaitu ligamentum yang menahan tuba fallopii berjalan dari arah infundibullum ke dinidng pelvis.

Ovarium 

Ovarium atau yang disebut dengan indung telur pada umumnya ada 2 indung telur yaitu pada kanan dan kiri. 

Ovarium ini menggantung dibagan belakang ligamentun latum menggunakan mesovarium. Ukuran dari ovarium ini kurang lebih sebesar ibu jari tangan dengan ukuran panjang kira – kira 4 cm dan tebal 1,5 cm.
Struktur dari ovarium ini terdiri dari :

  • Korteks disebelah luar yang diliputi oleh epitelium germinativum yang berbentuk kubik dan didalam terdiri dari stroma serta folikel – folikel primordial.
  • Medula yang terdpat disebelah dalam korteks tempat terdapatnya stroma dengan pembuluh darah, serabut saraf dan sedikit otot polos.

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.