-->

Inilah Fakta Tentang Hubungan Seks dan Kehamilan yang Harus Kamu Ketahui

Wawasan Kehamilan - Orang Indonesia masing menganggap seks adalah sesuatu hal yang tabu untuk diperbincangkan di depan umum. Selain karena ada aturan agama yang memang melarang kita untuk menceritakan apa saja yang kita lakukan saat berhubungan intim dengan pasangan.

Pemahaman mengenai seks sebenarnya perlu diperoleh bagi setiap pasangan yang baru saja menikah, begitu juga yang sudah lama menikah. Namun,  hal-hal yang berbau seks pun tidak diajarkan secara gamblang sehingga orang justru menerima informasi yang simpang siur dan “mitos” yang jelas-jelas salah tentang seks, terutama yang berhubungan dengan kehamilan.


Berikut ini adalah beberapa hal mengenai seks yang seharusnya kamu pahami.

1. Meskipun kamu baru pertama kali melakukan hubungan intim, kamu tetap bisa hamil
Seorang pria mampu menghamili wanita meskipun dia baru pertama kali melakukan hubungan intim dengannya.


Anda dapat hamil segera setelah Anda mulai ovulasi (pelepasan sel telur). Hal ini terjadi sebelum Anda mengalami menstruasi pertama Anda.

Jadi jangan mengira karena ini hubungan seks pertama, maka tidak akan terjadi kehamilan.

2. Seorang wanita tetap bisa hamil meskipun pasangannya belum ejakulasi
Banyak orang menganggap bahwa bila pasangannya tidak ejakulasi di dalam, maka dia tidak akan bisa hamil.

Padahal, sebelum berejakulasi, di dalam cairan pre-ejakulasi sudah terdapat sel sperma yang dapat membuat kamu hamil.

Karena hanya dibutuhkan 1 sel sperma untuk dapat membuat seorang wanita bisa hamil.

Jadi, meskipun pasangan anda mencabut P3nis sebelum ejakulasi, akan tetap dapat membuat anda hamil. Maka dari itu, gunakanlah alat kontrasepsi bila memang Anda belum menginginkan kehamilan.

3. Anda bisa hamil jika berhubungan seks saat haid
Faktanya adalah, seorang wanita dapat hamil kapan saja dalam sebulan jika ia berhubungan seks tanpa kontrasepsi, termasuk saat haid. Sperma dapat bertahan beberapa hari setelah hubungan seks, sehingga bahkan ketika Anda melakukannya saat menstruasi, sperma tetap dapat berada di dalam tubuh cukup lama.

4. Anda bisa hamil walaupun bercinta dalam posisi berdiri atau duduk
Anda mungkin pernah mendengar mitos bahwa wanita tidak dapat hamil apabila ia melakukan seks dalam posisi berdiri, duduk, atau jika ia melompat-lompat setelahnya. Faktanya adalah, tidak ada posisi apapun yang  bebas dari kehamilan jika Anda melakukan seks tanpa kondom atau bentuk lain dari kontrasepsi.

Baca juga: Tanda pasti kehamilan

Tidak ada juga tempat yang bisa mencegah kehamilan saat berhubungan seks, termasuk kamar mandi atau pancuran. Kehamilan dapat terjadi dengan posisi apapun, dan di manapun Anda melakukannya. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah sperma yang bertemu sel telur.

5. Anda tidak akan hamil karena seks oral
Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda dapat hamil hanya dengan seks oral. Kenyataannya adalah, wanita tidak dapat hamil dengan cara ini, walaupun ia menelan spermanya. Tetapi Anda dapat tertular penyakit seksual melalui seks oral, misalnya gonorea, klamidia, dan herpes.

6. Anda tidak dapat memakai plastik sebagai pengganti kondom
Hanya kondom yang dapat melindungi Anda dari penyakit menular seksual, bukan plastik. Anda dapat membelinya di apotek dan toko.

7. Kondom tidak dapat dicuci dan dipakai kembali
Jangan percaya siapapun yang berkata Anda dapat mencuci kondom dan menggunakannya lagi. Faktanya adalah, Anda tidak dapat menggunakan kondom lebih dari sekali, walaupun Anda mencucinya. Jika Anda menggunakan kondom, buang dan pakailah yang baru saat kembali berhubungan seks.

Hal ini berlaku untuk kondom pria dan wanita. Kondom perlu diganti setelah 30 menit hubungan seks karena gesekan dapat melemahkan kondom, membuatnya lebih mudah rusak atau lepas.

8. Anda bisa hamil walau hanya berhubungan seks satu kali
Anda dapat hamil walaupun hanya satu kali berhubungan seks. Yang dibutuhkan hanyalah satu sperma untuk bertemu sel telur. Untuk mencegah kehamilan, selalu gunakan kontrasepsi, dan gunakan kondom untuk mencegah penularan penyakit seksual.

Baca juga: Tanda awal kehamilan

Itulah beberapa fakta yang harusnya kamu ketahui seputar seks agar tidak salah dalam melangkah. Semoga bermanfaat.

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.